Home Artikel Kesenian Tari Barong

Tari Barong

Jagat Bali News - Kesenian

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Barong mungkin adalah tari yang paling terkenal. Hal ini juga lain bercerita tari, menceritakan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Tarian ini adalah contoh klasik dari Bali cara bertindak keluar mitologi, sehingga mitos dan sejarah yang dicampur menjadi satu kenyataan.

Cerita berlanjut bahwa Rangda, ibu Erlangga, Raja Bali pada abad kesepuluh, dikutuk oleh ayah Erlangga karena dia melakukan sihir hitam. Setelah ia menjadi janda, ia memanggil semua roh-roh jahat di hutan, kebocoran dan setan, yang akan datang setelah Erlangga. Perkelahian terjadi, tapi dia dan pasukan sihir hitamnya terlalu kuat bahwa Erlangga harus meminta bantuan Barong. Barong datang dengan tentara Erlangga, dan perkelahian pun terjadi. Rangda dicor mantra yang dibuat Erlangga tentara semua ingin membunuh diri mereka sendiri, menunjuk keris mereka diracuni ke perut mereka sendiri dan dada. Barong dicor mantra yang ternyata tahan tubuh mereka untuk keris yang tajam. Pada akhirnya, Barong menang, dan Rangda lari.

Seseorang dapat mati atau mendapatkan luka serius dalam tarian Barong. Dikatakan bahwa jika Rangda mantra ini terlalu kuat, seorang tentara yang lemah mungkin tidak dapat menolaknya, bahkan dengan bantuan Barong. Dia mungkin berakhir dengan menyakiti dirinya sendiri dengan keris sendiri.

Topeng Barong dan Rangda dianggap keramat item, dan sebelum mereka dibawa keluar, seorang imam harus hadir untuk menawarkan berkat dengan memercikkan air suci yang diambil dari Gunung Agung, dan offerrings harus disajikan.

 

Add comment


Security code
Refresh

  • Terahkir
  • Terkait
  • Populer
  • Komentar
Footer Jagat Bali Number One