Home Artikel Bisnis Pertumbuhan Ekonomi di Bali

Pertumbuhan Ekonomi di Bali

Jagat Bali News - Bisnis di Bali

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah III Bali dan Nusra, Dwi Pranoto, mengatakan, terjadinya pelambatan ekonomi tersebut tidak bisa dilepaskan dari kondisi perekonomian dunia yang hingga kini belum menunjukkan perkembangan yang positif. ''Keadaan ekonomi Eropa dan Amerika yang belum pulih, sedikit banyak pasti memengaruhi perekonomian Asia, termasuk Indonesia dan Bali secara khusus,'' ujar Dwi Pranoto, Selasa (3/7) kemarin.

Ia memperkirakan perkembangan perekonomian nasional tahun ini tidak terlalu menggembirakan. Pertumbuhan perekonomian nasional tahun 2012 diprediksikan sekitar 6,3 persen - 6,7 persen dengan concern pada ancaman menurunnya konsumsi dan perlambatan ekspor. Kendati demikian, perekonomian Bali tahun 2012 diprediksikan akan tetap tumbuh sebesar 6,2 persen - 6,6 persen, dimana industri pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian Bali diproyeksikan akan tetap tumbuh, mendorong peningkatan sektor PHR dan jasa-jasa, serta ekspor di bidang jasa.

''Meski perekonomian Bali mengalami perlambatan di triwulan I, namun potensi pertumbuhan ke depan masih sangat baik. Hal ini tercermin dari kinerja perbankan di wilayah Bali,'' sebutnya.

Menurutnya, total penyaluran kredit perbankan Bali pada triwulan I 2012 mencapai Rp 31,85 trilyun. Angka itu terus meningkat hingga Rp 32,52 trilyun di bulan April 2012. Sementara rasio loan to deposit (LDR) perbankan Bali juga menunjukkan tren yang meningkat. Sebagai perbandingan, di triwulan I 2011 LDR tercatat 65,79 persen. Sedangkan pada triwulan I 2012 meningkat menjadi 67,92 persen dan terus meningkat menjadi 68,58 persen di bulan April 2012.

“Kondisi itu menunjukkan bahwa perbankan masih melakukan ekspansi karena sektor-sektor ekonomi di Bali menunjukkan potensi perkembangan positif,” tandasnya.

Ditambahkan, sebagian besar atau hampir 99 persen entitas usaha di Bali sejauh ini tergolong sebagai UMKM. Hal ini tercermin dari penyaluran kredit perbankan Bali yang didominasi oleh pangsa kredit mikro, kecil, dan menengah, yaitu mencapai 80,5 persen.

Add comment


Security code
Refresh

Footer Jagat Bali Number One