Home Artikel Kesenian Tarian Rangda

Tarian Rangda

Jagat Bali News - Kebudayaan

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Dari ratusan tarian Bali mungkin tarian Rangda adalah tarian-satunya yang tidak membutuhkan kemampuan teknis yang besar menari, itu hanya memerlukan keberanian dan keyakinan yang tinggi pada semangat dewa yang tinggal di topeng Rangda suci. Hanya sedikit orang yang berani memakai kepala besar dan empuk kostum Rangda memiliki pengetahuan tentang teknik tari, karena Rangda tidak perlu untuk menjaga waktu dengan musik yang sangat penting dalam tarian Bali.

Ketika Rangda muncul,ke daerah menari dengan langkah menerkam tinggi dan berhenti, terkekeh. Lalu ia lengkungan mundur, menjerit-jerit dengan tinggi, tawa menusuk. Tangan bergetar dan kuku yang panjang bergetar bersama-sama. Dia bergelombang dalam satu tangan kain putih dengan rahasia magis simbol "kekuatan" digambar di atasnya. Ketika topeng suci tidak digunakan, itu dibungkus dalam sapu tangan yang kuat.

Jauh lebih penting daripada kemampuan teknis menari untuk pria yang menari Rangda adalah kekuatan rohani, ia harus menjadi orang ajaib kuat atau imam. Setiap kali RangdaRangda dan jatuh ke trans begitu dekat, pada kenyataannya, di beberapa desa jika seseorang masuk ke trans untuk alasan apapun, Rangda akan dikirim, jika dia tidak sudah ada. topeng muncul di depan umum, kekuatan magis yang besar dilepaskan antara penonton dan penari lainnya, dan banyak dalam kerumunan dapat menjadi hampir secara otomatis terpesona.

Penari tertentu, semua orang kekuatan rohani yang besar, telah membuat khusus bermain Rangda, dan disebut ketika desa ingin mensponsori kinerja di mana topeng akan dipakai dengan mengunjungi spesialis. Kesucian dari topeng Rangda bukan soal penampilan, karena wajah ini, dianggap sebagai motif visual, umumnya digunakan dalam aplikasi sekuler banyak di Bali. Memang, pembuat topeng merasa tidak ada pemesanan tentang membuat salinan sempurna dari topeng Rangda suci untuk menjual kepada wisatawan atau lainnya.

Apa yang memberi kekuatan topeng adalah konsekrasi yang diterimanya dari pembuatnya, huruf suci tertulis di dalamnya, kayu kudus terbuat dari, dan kekuatan taksu dan Pasupati yang diterima di kuil atau kuburan. Sebuah topeng suci harfiah memanifestasikan keilahian, dan setiap kali salah satu diperkenalkan ke kinerja, yang tidak terduga selalu bisa terjadi. Bahan-bahan untuk tulisan ini diambil dari I Made Bandem dan Fredrik Eugene deBoer's Tari Bali dalam Transisi



 

Sumber:http://baliskyworld.blogspot.com

Add comment


Security code
Refresh

  • Terahkir
  • Terkait
  • Populer
  • Komentar
Footer Jagat Bali Number One