Home Artikel Kesenian Tarian Topeng Bali

Tarian Topeng Bali

Jagat Bali News - Kebudayaan

Penilaian Pengunjung: / 5
KurangTerbaik 

Pulau Bali, tempat dimana tradisi, budaya dan alam lahir dan menjadi karakteristik unik itu untuk tanah ini. Sifat, yang memasok air bersih dengan halaman hijau dan dikelilingi dengan seni yang indah. Pulau Bali dikenal dengan seni seperti tari, musik diukir dan banyak lainnya. Topeng tari (tari topeng) adalah salah satu dari seratus seni di Bali, jenis tarian ini telah besar terkait dengan upacara keagamaan. Topeng tari tarian yang dimainkan oleh penari dengan mengenakan topeng tradisi yang diwakili karakter lama tradisional Bali.

Tarian tradisional Bali adalah bentuk tertua dari seni pertunjukan di Bali. Tujuannya bisa sebagai hiburan, atau yang akan dilakukan dalam beberapa upacara ritual karena jika kekuatan-kekuatan magis yang kuat tarian memiliki, atau dilakukan dalam kegiatan sosial.

Tari Topeng atau Mask Dances di Bali adalah suci. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari tunggal atau sekelompok penari laki-laki dalam upacara besar. Tujuan dari tarian ini adalah untuk memberitahu penonton tentang latar belakang sejarah tentang mengapa upacara harus diadakan atau untuk menyampaikan kebijaksanaan Hindu melalui percakapan sederhana di antara penari. Tarian ini juga diyakini bisa melindungi dari gangguan jahat upacara.Tari Topeng yang terkenal suci adalah Topeng Pajegan.

Topeng Pajegan hanya dilakukan oleh penari laki-laki yang menggunakan beberapa masker. Topeng utama disebut Sidhakarya. Tarian ini menceritakan tentang perjalanan Sidhakarya ke Bali sampai ia bertemu dengan raja. Orang Bali percaya bahwa topeng adalah wajah Sidhakarya imam. Tarian ini juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit.

Tarian topeng biasanya dimainkan oleh dua dan maksimal lima orang yang memainkan topeng yang berbeda dengan karakter perbedaan ini jenis tape disebut topeng pajengan. Topeng tari dapat membagi menjadi dua jenis pertama adalah topeng pajengan dan yang kedua adalah Topeng Wali. Topeng wali adalah tarian topeng yang bermain untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama Bali kerajaan tradisional.

Tari Topeng merupakan tarian dengan dimainkan dengan menggunakan masker atau topeng, yang topeng kata dasarnya berasal dari kata "domba jantan" yang berarti 'tutup' atau tertutup sehingga menjadi topeng yang berarti tertutup atau masker. Sejarah dari topeng yang muncul di 818 Saka atau 896 abad yang menemukan sumber yang ditulis dalam prasati Bebetin waktu di mana Ugrasena menjadi raja. Ada dua jenis topeng tari pertama adalah Tari Topeng Wali dan yang kedua adalah Topeng Pajengan tetapi pada dasarnya tarian topeng adalah fungsi berhubungan dengan upacara keagamaan di kuil atau di luar candi Manusa Yadnya seperti, dan Pitra Yadnya.

Dalam perkembangannya tari topeng ini disajikan untuk menghibur yang biasanya disebut topeng wali, jenis topeng seperti jauk, arja monyer topeng, topeng tua, topeng manis, topeng keras, topeng penasar, dalem topeng disajikan untuk hiburan, tetapi topeng wali juga disajikan dalam Candi yang terkait dengan upakara dewa yadnya. Topeng pajengan sendiri hanya diputar saat ada upacara tradisional seperti di kuil tarian topeng topeng Sidakarya jenis dan tidak bermain keluar sisi dari garis itu.

Para penari tari topeng yang berpakaian dengan gumpalan Bali tradisional seperti mengenakan sarung prada, Badong, gelang kana saput prada, kancut putih dan destar atau udeng. Sebelum bermain karakter topeng semua penari adalah berdoa dalam tahap belakang yang memanggil banten Ngungkab Langse mereka berdoa kepada dewa Ida Sang Hyang Widi Wasa sehingga menunjukkan adalah keberhasilan.

Tarian topeng adalah salah satu seni yang menarik niat wisata sehingga ada beberapa tempat di Bali pertunjukan tari topeng dan bahkan di hotel bintang lima sampai pondok kecil akan disajikan ini jenis tarian, beberapa di area bisnis di Bali seperti Kuta, Sanur dan Ubud , Anda mungkin datang dan melihatnya dengan diri Anda.



 

Foto oleh: Sastria Guntara

Sumber: http://baliwonderful.com

 

Add comment


Security code
Refresh

  • Terahkir
  • Terkait
  • Populer
  • Komentar
Footer Jagat Bali Number One